STIMULASI OLEH GONADOTROPIN KHORION

Published on by sidney rum

STIMULASI OLEH GONADOTROPIN KHORION

Struktur kimia TSHmenyerupai stnrktur kimia gonadotopin khorion (chorionic gonadotropin, CG).Penderita dengan kadar CG tinggi karena menderita mola hidatidiform, khoriokarsinomaatau karsinoma embrional dari testis kadang-kadang dapat menjadi hipertiroid. Pemeriksaau laboratorium yurg lengkap tidak begitu perlu kecuali bila gejala gangguan kelenjar tiroid menetap Setelah neoplasma alat repmduksi tersebutdikeluarkan.

Tiroiditis

Kelenjar tiroid jarang terserang inflamasi akut tetapi infiltrasi limfositik danfibrosis iering terjadi. Gambaran histologik menyerupai inflamasi kronik karena reaksi obat tradisional untuk gula darah tinggi imunologik dan disebut tiroiditiS limfosilik atau penyakit Hashimoto.Penyakit ini sering disertai pembesaran kelenjar. Titer antibodi terhadaptirogtobulin dan antlgen rqikrosomal yang tinggi merupakan gejala yang khas daritiroiditis limfositik.r) Kadar hormon mungkin normal pada waktu struma banrd.ilihat, tet_api setelah kerusakan jaringan berlanjut penderita sering menjadihipotiroid.zo Fengukuran kadar T4 biasanya normal pada awal penyakit, tetapimeskipun demikian pada saat ini biasanya terjadi kerusakan folikular sehinggaiodium nonhormonal dapat masuk dalam peredaran. Penentuan kadar PBI berguna bila ada persangkaan ke arah penyakit tersebut; kadar PBI yang tinggi disertai kadarT4 normal atau normal rendah merupakan ciri-ciri yang diagnostis untuk disrupsifolikular.

Sindroma "Euthyroid-sick"

Penyakit yang berat mungkin disertai gejala klinik dan laboratorium yang sangatmenyerupai hipotiroidi. Penderita dengan penyakit neoplastik, diabetes rnellitus,luka bakar, trauma, kelainan kardiovaskular, penyakit hati, gagal ginjal atau infeksikronik sering disertai kadar T3 dan T4 yang repdq! serta penrbahan sistemik yangsesuai dengan leadaa4 [ipometabolismg: berat.'' Akan tetapi, pemberian pengobatanuntuk rnyxedema dapat,membahayakan penderita yang sudah lemah ini.

Diperkirakan ada 2 hal yang menyebabkan perubahan kadar hormon tersebut.Prealbumin dalam serum rnenunm cepat parla penyakit berat dan hal ini menyebabkanberkur-angrrya daya pengikat hormon.ro Disarrping itu, jumlah T4 yang dideiodinasiuntuk menjadi T3 kurang sekali, sedangkan proses metabolisme yangmenghasi.lkan produk inaktif yaitu reverse T3 (iT3), bertambah, Hormon yang aktifberkurang dan kapasitas mengikat protein juga menumn sehingga menghasilkanFT4I yang normal. Beberapa penderita dengan penyalcit^berat mempunyai FT4Iyang rendah, tetapi sifat metabolismenya adalah eutiroid."' Pada keadaan demikiankadar TSH yang normal dapat membuktikan adanya keadaan yang eutiroid. Bilapenetapaan kadar rT3 dapat dilakukan, dragnosa "eutiroid sick" dapat dikonfinnasidengan memperlihatkan adanya kadar rT3 yang meningkat.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post